Senin, 04 Mei 2009

Kelainan –kelainan dan Penyakit pada Sistem Gerak

Gangguan dan Kelainan Tulang 
Fraktura (patah tulang)
Fraktura terbuka terjadi jika ujung tulang yang patah keluar menembus kulit. Fraktura tertutup jika tulang patah, ujung tulang yang patah tidak menembus atau tidak keluar ke kulit. Penyembuhan retak tulang atau patah tulang selalu digunakan pembalut agar posisi tulang yang mengalami patah tidak mudah bergeser. 
Osteoporosis 
Osteoporosis dikarenakan kekurangan mineral, umumnya terjadi pada orang dewasa dan berakibat pada tulang menjadi rapuh dan mudah patah, Untuk mengatasinya hendaknya banyak mengkonsumsi mineral. 
Arthritis 
Arthritis adalah penyakit sendi. Salah satu bentuk arthritis adalah rematik. Menghindari infeksi dan mengkonsumsi makanan seimbang mengurangi terjadinya arthritis. 
Riketsia 
Terjadi karena kekurangan vitamin D. Penyakit ini terjadi pada anak-anak yang menyebabkan tulang kakinya tumbuh membengkok. Upaya untuk mengurangi penyakit ini adalah penambahan mineral ke dalam diet dan dengan berjemur di panas matahari. 
Lordosis 
Tulang punggung terlalu melengkung ke depan, dapat disebabkan oleh kegemukan atau kebiasaan yang salah. 
Kifosis
Tulang punggung terlalu melengkung ke belakang (tubuh kelihatan bungkuk). Dapat disebabkan TBC atau kebiasaan duduk yang salah.  
Skoliosis 
Tulang punggung melengkung ke kiri atau ke kanan. Kondisi ini disebabkan oleh kebiasaan duduk yang salah. 
Atropi 
Kelainan dimana otot menjadi mengecil, sehingga tidak kuat melakukan gerakan. 
Hipertropi 
Suatu kondisi dimana otot mengalami perkembangan abnormal. 
Gangguan dan Kelainan Otot 
Kram 
Disebabkan oleh kejang otot. Otot tiba-tiba berhubungan sangat kuat sehingga sakit. Kram bisa terjadi saat cuaca dingin atau aktivitas otot terlalu berat. Kram bisa juga merupakan gejala ketidakseimbangan air dan ion di dalam tubuh. 
Nyeri otot 
Nyeri otot umumnya diderita orang berusia lanjut. Penyakit ini mungkin disebabkan pembengkakan jaringan penghubung otot. Jaringan yang membengkak menekan ujung saraf dan pembuluh darah. Akibatnya, aliran darah terhambat dan timbul rasa nyeri. Nyeri otot biasanya kambuh pada cuaca dingin dan dapat diatasi dengan pijat dan menghangatkan diri. 
Polio 
Disebabkan infeksi virus pada saraf yang mengendalikan gerakan otot rangka. Orang yang terserang penyakit polio dapat menjadi lumpuh. Penyakit polio dapat dicegah dengan imunisasi pada bayi. 
Sawan 
Adalah kontraksi dari beberapa kelompok otot yang tidak terkoordinasi. Sawan bisa terjadi akibat gangguan pada otak. 
Keseleo 
Terjadi di daerah sendi. Otot dapat putus akibat tarikan yang tiba-tiba dan kuat. 








Penyakit dan Gangguan Pada Pernapasan

Asma adalah penyempitan saluran pernapasan yang disebabkan oleh alergi terhadap kondisi lingkungan misalnya debu, rambut hewan atau hawa dingin. 
Pneumonia adalah peradangan dinding alveolus yang diakibatkan oleh bakteri Diplococcus pneumoniae. Akibat peradangan tersebut terjadi penurunan area untuk pertukaran oksigen dan karbondioksida. 
Salesma adalah suatu keadaan dimana hidung tersumbat, ingus mengalir, bersin-bersin serta tenggorokan terasa gatal.
Pleuritis adalah peradangan pada selaput pembungkus paru-paru. Akibat peradangan ini terdapat cairan yang berlebihan pada selaput paru-paru (pluera) sehingga penderitanya akan merasa nyeri dada ketika bernapas. 
Tuberkulosis (TBC) adalah terbentuknya bintil-bintil di dalam alveolus sehingga mengurangi area alveolus untuk pertukaran gas. TBC disebabkan oleh bakteri tuberculosis. 
Flu, influenza adalah suatu keadaan dimana hidung beringus, tenggorokan meradang, sakit kepala, demam, otot terasa sakit dan lelah. Influenza disebabkan oleh infeksi virus pada saluran pernapasan atas. 
Bronkitis adalah peradangan pada lapisan dinding broncus (cabang tenggorokan) yang disebabkan oleh infeksi virus.Peradangan ini menimbulkan batuk – batuk yang dalam dan menghasilkan dahak abu –abu kekuningan dari paru –paru.
ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas)
Penyebabnya virus dan kuman yang berada di udara lingkungan sekitar.
Flu burung pada manusia
Gejala kritis
Masa inkubasi sekitar 3 hari, sedangkan pada anak biasa 21 hari.Demam lebih dari 38 derajat celcius, nyeri tenggorokan, batuk, pilek, bersin, nyeri otot, sakit kepala, sesak napas, lemas, pernah kontak dengan unggas terutama jika unggas tersebut mati/sakit dalam 7 hari terakhir.

Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pencernaan

Parotitis atau penyakit gondok yaitu penyakit yang disebabkan virus yang menyerang kelenjar ludah di bagian bawah telinga akibatnya kelenjar ludah menjadi bengkak atau menbesar. Jika tidak segera diobati infeksi bisa merusak kelenjar. Kelenjar yang rusak harus dibuang dengan pembedahan. 
Xerostomia adalah penyakit pada rongga mulut yang ditandai dengan rendahnya produksi air ludah. Kondisi mulut yang kering membuat makanan kurang tercerna dengan baik. Jangan terlalu cemas atau mengalami tekanan emosi sebab cemas dan tekanan emosi akan menyebabkan mulut bisa menjadi kering. Selain itu, banyak minum air dan jangan menggunakan obat atropin
Tukak Lambung, terjadi karena adanya luka pada dinding lambung bagian dalam. Cara mengatasinya yaitu makan secara teratur, tidak banyak pikiran dapat mengurangi timbulnya tukak lambung. 
Apendisitis adalah radang apendiks atau usus buntu, dapat merembet sampai ke usus besar dan menyebabkan radang selaput rongga perut. Upaya yang harus dilakukan adalah memeriksakan diri ke dokter dan pilihan utama pengobatan ialah pembedahan untuk membuang usus buntu. 
Diare adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau protozoa pada usus besar. Karena infeksi tersebut proses penyerapan air di usus besar terganggu akibatnya feses menjadi encer. Biasanya diare ringan tidak perlu diobati sebab diare adalah usaha tubuh untuk membebaskan diri dari infeksi. Jika diare disertai muntah, sakit perut, berak darah dan demam maka segera ke dokter dan dokter akan memberi cairan melalui infuse, antibiotika dan obat yang mencegah diare. 
Konstipasi atau sembelit, terjadi akibat penyerapan air di dalam usus besar terjadi secara berlebihan akibatnya feses menjadi sangat padat dan keras sehingga sulit untuk dikeluarkan. Untuk mencegah sembelit dianjurkan untuk buang air besar secara teratur tiap hari, banyak minum, makan makanan yang mengandung serat tambahan (sayur-sayuran dan buah-buahan). 
Hernia, merupakan penyakit akibat robeknya lapisan dalam dinding perut pada daerah pangkal paha, yang menimbulkan pembengkakan atau gumpalan yang berasal dari terlepasnya lingkaran usus sehingga menonjol pada tempat yang robek tersebut. Penyakit ini diatasi melalui tindakan operasi. 
Sakit maag disebabkan adanya sekresi asam lambung yang tidak normal sehingga mengakibatkan rasa perih pada dinding lambung. Gejala sakit maag antara lain: perut terasa mual, mulas, kembung, dan tidak nafsu makan. Sakit maag dipicu oleh kebiasaan makan yang yang tidak teratur, jenis makanan, obat-obatan dan stress/ gangguan psikologis. Cara mencegahnya yaitu dengan mengatur pola makan dengan teratur. 
Sakit gigi gangguan yang sering terjadi akibat tidak merawat giginya dengan baik. Jika tidak menggosok gigi sisa-sisa makanan yang melekat pada gigi merupakan tempat yang baik untuk pertumbuhan bakteri yang dapat merusak gigi. Kerusakan gigi juga dapat disebabkan karena makanan yang terlalu panas, terlalu dingin, terlalu manis atau terlalu masam. 
Sariawan adalah rusaknya sel-sel papila di lidah yang menyebabkan proses perasa terhadap makanan terganggu. Sariawan dapat disebabkan jenis makanan atau infeksi bakteri. 
















Kelainan dan Penyakit pada Sistem Peredaran Darah

Kelainan darah 
Anemia adalah kelainan dimana darah tidak mampu membawa oksigen yang cukup bagi tubuh. Anemia disebabkan oleh kurangnya jumlah sel darah merah dan kurangnya hemoglobin yang membawa oksigen. 
Leukimia 
Leukimia sering disebut juga kanker darah, yaitu sel darah putih membelah tidak terkendali sehingga jumlahnya meningkat pesat dan kemudian memakan sel darah merah. Pada penderita leukemia, jumlah sel darah putih dapat mencapai 200.000 per mm2 darah.
Hemofilia 
Hemofilia adalah penyakit darah sukar membeku. Penderita dapat kehilangan banyak darah hanya karena luka kecil. Penyakit ini bersifat menurun dan tidak dapat disembuhkan. 
Talasemia 
Talasemia adalah penyakit kelainan darah yang menurun yang ditandai dengan adanya sel darah merah yang abnormal. Hal ini disebabkan kegagalan gen dalam memproduksi protein penyusun hemoglobin secara lengkap sehingga hemoglobin tidak sempurna, akibatnya transportasi oksigen keseluruh tubuh terganggu. Penyakit ini dapat diatasi melalui tindakan yang memerlukan biaya mahal, diantaranya dengan transfusi darah secara berkala kurang lebih setiap bulan sekali, dan transplantasi sumsum tulang. Jika talasemia menyebabkan radang limpa maka diperlukan pembedahan untuk pembuangan limpa. 
Polisetemia 
Adalah penyakit yang ditandai dengan terlalu banyaknya sel darah sehingga darah merah menjadi kental, menaikkan viskositas, dan menurunkan kecepatan aliran serta bisa menyumbat kapiler. Produksi sel darah merah yang kental dan abnormal sering dihasilkan dari tumor sumsum tulang. Polisetemia sekunder dihasilkan dari kurangnya pasokan oksigen, seperti di daerah dataran tinggi atau kenaikan produksi eritroprotein. 

Kelainan pada pembuluh darah dan Jantung
Varises 
Varises terjadi pada vena. Pada varises katup vena tidak berfungsi terutama karena tarikan vena dalam vena melebar (berdilatasi) sehingga daun katup vena tidak lagi tumpang tindih atau menghambat aliran balik darah. Akibatnya tekanan vena lebih besar daripada vena normal. Menyebabkan pembengkakan aliran darah didalam vena menjadi terhambat sehingga terjadi penyumbatan darah. Varies bisa diturunkan secara genetic. Pada kehamilan, ada kenaikan tekanan dalam vena yang menyumbat tungkai bawah karena uterus melebar. 
Stroke 
Stroke merupakan kelainan saraf secara tiba-tiba. Stroke sering disebabkan oleh berkurangnya oksigen darah ke otak. Stroke bisa terjadi akibat penyumbatan pembuluh darah, lepasnya penyumbat pembuluh darah besar menuju pembuluh darah yang lebih kecil, pendarahan, dan kebocoran darah dari pembuluh, sehingga jaringan disekitarnya menjadi mati. 
Meningitis 
Meningitis merupakan terinfeksinya pembuluh darah diotak. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bagian muka yang merambat ke pembuluh darah otak. Merawat jerawat dan bisul dibagian muka merupakan usah pencegahan meningitis. 
Tekanan darah tinggi (Hipertensis)
Seseorang disebut menderita tekanan darah tinggi jika tekanan sistol darah lebih tinggi dari pada 150 mm Hg dan tekanan darah diastole lebih tinggi dari 900 ml Hg. Pada Hepertensi, jantung bekerja lebih keras, kerja keras ini disebabkan otot jantung membesar, khususnya bilik kiri dan dapat menyebabkan gagal jantung.  






Disparity - Disease and disparity at System Move
Trouble and disparity of bone.
Fraktura ( broken bone)
Open Fraktura happened if bone back part which broken go out penetrated husk. Fraktura closed if bone broken, tip of bone which broken,do not penetrate or do not go out to husk. Barst healing of bone or broken bone is always used by bandage to be natural bone position broken do not easy to shift.
Osteoporosis 
Osteoporosis because of mineral insuffiency, generally happened at adult and cause at bone become breakable and brittle, To overcome him shall consuming many minerals. 
Arthritis 
Arthritis is disease of joint. One of the form of arthritis is rheumatism. Avoiding infection and consume well-balanced food lessen the happening of arthritis.
Riketsia 
Happened for want of vitamin D. this Disease happened at children causing the foot bone of growing to curve. Effort to lessen this disease is addition of mineral into diet and sun in sun heat.
Too tortous Lordosis 
Backbone forwards, earn because of wrong habit or fatness. 
Too tortous Kifosis 
Backbone rear ( body looked to be bow). Can be caused by TBC or habit sit the wrongness. 
Tortous Skoliosis 
Backbone to left or to right. This condition because of habit sit the wrongness.
Atropi 
Disparity where muscle become to minimize, weak to so that do movement.
Hipertropi  
Condition where natural muscle of abnormal growth.-



Trouble and disparity of muscle.
Muscle
Because of muscle spastic. Muscle sudden very strong relation so that pain. Muscle-Bound can happened cold weather moment or too heavy muscle activity. Cramps can also is water imbalance symptom and ion in body.
Muscle Pain
In bone muscle pain in bone is generally suffered by people have old age. This disease is caused possible isn't it network link of muscle. bloated network depress tip of vein and nerve. As a result, blood stream pursued and arise to feel pain in bone. Muscle pain in bone usually recurrence at cold weather and can overcome squeezed and isn't it x'self.
Polio 
Caused by virus infection at nerve controling frame muscle movement. come down with people is polio can become palsiedly. Polio ailment can be prevented immunized at baby.
Epilepsy 
Is contraksi from some muscle groups which do not co-ordinate. Epilepsy can happened effect of trouble at brain. 
Keseleo 
Happened in joint area. Muscle can break effect of attraction which sudden and strength.











Disease and Trouble At Respiration

Asthma is stricture of bronchi which because of allergy to environmental condition for example dirt, animal hair or cool-air. 
Pneumonia is Chafed of wall of alveolus resulted from by bacterium of Diplococcus pneumoniae. Effect of the Chafed happened degradation of area for the transfer of and oxygen of carbondioksida.
Salesma is an situation where nose stuff up, mucus emit a stream of, sneezes and also red lane felt to itch. 
Pleuritis is Chafed at membrane packer of lung. Effect of this Chafed there are abundant dilution at lung membrane ( pluera) so that the patient of will feel chest pain in bone when respiration. .
Tuberkulosis ( TBC) is formed by nodules him in alveolus so that lessen area of alveolus for the transfer of gas. TBC because of bacterium of tuberculosis. 
Flu, influenza is situation where snotty nose, red lane be angry, headache, fever, muscle felt fatigue and pain. Influenza because of virus infection at bronchi to the.
Bronchitis is Chafed at wall coat of broncus ( gullet branch) which because of infection of virus. Chafed this generate to cough - cough which in and yield dusty phlegm - brass ash of lung.
ISPA ( Infection Of Bronchi ) 
Cause of germ and virus residing in on the air about environment. 
Bird Flu at human 
Critical Symptom
Incubation period about 3 day, while at ordinary child 21 day.Fever more than 38 degree of celcius, red lane pain in bone, cough, head cold, sneezing, muscle pain in bone, headache, asphyxia, weaken, have contacted with poultry especially if poultry of death / sick in last 7 day.




Disparity and Disease at Digestive System

Parotitis or mumps that is viral disease which attack gland spit on ear underside as a result gland spit to become swelling or big. Otherwise is immediately cured by infection can destroy gland. damage gland have to be thrown with surgery.
Xerostomia is disease at mouth cavity marked lowly him produce spit. Condition of dry mouth make less digestible food better. Don't natural or overanxious of emotion pressure because worriing and emotion pressure will cause mouth can become to run dry. Besides, drinking many water and don't use drug of atropin.
Tukak Stomach Happened caused by hurt at inner stomach wall. Way to overcome of that is eating regularly, not many minds can lessen incidence of stomach tukak. 
Appendicitis are chafing intestine infection or appendix, earn to hinder to large intestine and cause to chafe stomach cavity membrane. Effort which must be done is to check x'self to especial choice and doctor of medication is surgery to throw away intestine infection.
Diarrhoea is disease which because of bacterium infection or protozoa at large intestine. Because infection of process absorbtion of water in large intestine annoyed as a result feses become wateryly. Usually light diarrhoea needn't cure by because diarrhoea is the effort body to free from infection. If diarrhoea accompanied by puking, stomachache, defecating fever and blood hence immediately to doctor and doctor will give dilution through infuse, drug and antibiotika preventing diarrhoea.
Konstipasi or constipation, happened effect of absorbtion of water in large intestine happened redundantly as a result feses become very hard and solid so that difficult to be released. To prevent constipation suggested to defecate regularly every day, drinking many, eat food concidering additional fibre ( fruits and vegetable).
Hernia, is disease effect of the tearing of coat in stomach wall at thigh jetty area, generating isn't it or Iump coming from the escaping of uppermost intestine circle so that place which tear. This disease is overcome to through operation action.
Pain of Maag caused by the existence of sour sekresi of stomach which below par so that result felt perih at stomach wall. symptom of maag for example: stomach felt queasy, stomachache, flatulent, and do not Iust to eat. pain of Maag triggered by habit eat not regular, food type, and medicines of stress/ psychological trouble. Way prevent him that is arranged pattern eat consecutively.
Trouble toothache which often happened effect do not take care of the tooth of better. Otherwise brush teeth coherent food pickings at tooth is place which good to growth of bacterium able to destroy tooth. Damage of tooth also can be caused by too food of heat, too cool, too acid or sweet.
Sprue is destroying cells him of papila in tongue causing sensuous process to food annoyed. Sprue can be caused by food type or bacterium infection.


















Disparity and Disease at System Circulation of Blood.
Disparity of blood  

Anemia is disparity where blood unable to bring enough oxygen for body. Anemia because of lack of blood cells amount and lack of haemoglobin bringing oxygen.
Leukimia is often referred as also blood cancer, that is phabocyte split lah do not in control so that the amount of him mount fast and later then eat blood cell. At patient of leukemia, amount of phabocytes can reach 200.000 per blood mm2.
Haemophilia is disease of blood difficult to froze up me. Patient earn losing of many bloods just because small hurt. This disease have the character of irremediable and downhill.
Talasemia is disease of disparity of downhill blood which marked with existence of abnormal blood cell. This matter is caused by failure of gene in producing protein compiler of haemoglobin completely so that imperfect haemoglobin, as a result oxygen transportation of all body annoyed. This disease can overcome to through action costing money costly, among others with periodical blood transfusion more or less each month once, and bone marrow transplantation. If talasemia cause to chafe spleen hence needed surgery for the dismissal of spleen.
Polisetemia Is disease marked with too much corpuscle him so that blood become jelled, boosting up viskositas, and degrade speed of stream and also can cork capillaryly. Cell blood production which jell and abnormal was often yielded from bone marrow tumor. Secunder Polisetemia yielded from lack of oxygen, as in plateau area or increase of production of eritroprotein.







Disparity of heart and vein.
Varises
Varises happened at vena. At spillway varises of vena do not function especially because attraction of vena in wide vena ( berdilatasi) so that spillway leaf of vena overlap shall no longger or pursue blood backwash. As a result pressure of vena bigger than normal vena. Causing isn't it blood stream in vena become to be pursued so that happened gagging of blood. Varies can be degraded by genetic. At pregnancy, there is increase of pressure in vena which corking leg under because wide uterus.
Stroke 
Stroke is disparity of nerve sudden. Stroke often because of the have decreasing of blood oxygen to brain. Stroke can happened effect of embolism, free of big venous stopper him go to smaller vein, haemorrahage, and leakage of blood of small channel, so that network about him become death.
Meningitis
Meningitis is infection of vein of brain. This condition because of infection part of face which creep to vein of brain. Take care of abscess and pimple part of face is to take care prevention of meningitis. High blood pressure ( Hipertensis) Someone referred as to suffer high blood pressure if pressure of sistol higher blood from at 150 Hg mm and blood pressure of diastole higher from 900 Hg ml. At Hepertensi, heart strive harder, activity of hard this is caused by big heart muscle, specially left room and can cause heart failure.







































































Kelainan –kelainan dan Penyakit pada Sistem Gerak
Gangguan dan Kelainan Tulang 
Fraktura (patah tulang)
Fraktura terbuka terjadi jika ujung tulang yang patah keluar menembus kulit. Fraktura tertutup jika tulang patah, ujung tulang yang patah tidak menembus atau tidak keluar ke kulit. Penyembuhan retak tulang atau patah tulang selalu digunakan pembalut agar posisi tulang yang mengalami patah tidak mudah bergeser. 
Osteoporosis 
Osteoporosis dikarenakan kekurangan mineral, umumnya terjadi pada orang dewasa dan berakibat pada tulang menjadi rapuh dan mudah patah, Untuk mengatasinya hendaknya banyak mengkonsumsi mineral. 
Arthritis 
Arthritis adalah penyakit sendi. Salah satu bentuk arthritis adalah rematik. Menghindari infeksi dan mengkonsumsi makanan seimbang mengurangi terjadinya arthritis. 
Riketsia 
Terjadi karena kekurangan vitamin D. Penyakit ini terjadi pada anak-anak yang menyebabkan tulang kakinya tumbuh membengkok. Upaya untuk mengurangi penyakit ini adalah penambahan mineral ke dalam diet dan dengan berjemur di panas matahari. 
Lordosis 
Tulang punggung terlalu melengkung ke depan, dapat disebabkan oleh kegemukan atau kebiasaan yang salah. 
Kifosis
Tulang punggung terlalu melengkung ke belakang (tubuh kelihatan bungkuk). Dapat disebabkan TBC atau kebiasaan duduk yang salah.  
Skoliosis 
Tulang punggung melengkung ke kiri atau ke kanan. Kondisi ini disebabkan oleh kebiasaan duduk yang salah. 
Atropi 
Kelainan dimana otot menjadi mengecil, sehingga tidak kuat melakukan gerakan. 
Hipertropi 
Suatu kondisi dimana otot mengalami perkembangan abnormal. 
Gangguan dan Kelainan Otot 
Kram 
Disebabkan oleh kejang otot. Otot tiba-tiba berhubungan sangat kuat sehingga sakit. Kram bisa terjadi saat cuaca dingin atau aktivitas otot terlalu berat. Kram bisa juga merupakan gejala ketidakseimbangan air dan ion di dalam tubuh. 
Nyeri otot 
Nyeri otot umumnya diderita orang berusia lanjut. Penyakit ini mungkin disebabkan pembengkakan jaringan penghubung otot. Jaringan yang membengkak menekan ujung saraf dan pembuluh darah. Akibatnya, aliran darah terhambat dan timbul rasa nyeri. Nyeri otot biasanya kambuh pada cuaca dingin dan dapat diatasi dengan pijat dan menghangatkan diri. 
Polio 
Disebabkan infeksi virus pada saraf yang mengendalikan gerakan otot rangka. Orang yang terserang penyakit polio dapat menjadi lumpuh. Penyakit polio dapat dicegah dengan imunisasi pada bayi. 
Sawan 
Adalah kontraksi dari beberapa kelompok otot yang tidak terkoordinasi. Sawan bisa terjadi akibat gangguan pada otak. 
Keseleo 
Terjadi di daerah sendi. Otot dapat putus akibat tarikan yang tiba-tiba dan kuat. 








Penyakit dan Gangguan Pada Pernapasan

Asma adalah penyempitan saluran pernapasan yang disebabkan oleh alergi terhadap kondisi lingkungan misalnya debu, rambut hewan atau hawa dingin. 
Pneumonia adalah peradangan dinding alveolus yang diakibatkan oleh bakteri Diplococcus pneumoniae. Akibat peradangan tersebut terjadi penurunan area untuk pertukaran oksigen dan karbondioksida. 
Salesma adalah suatu keadaan dimana hidung tersumbat, ingus mengalir, bersin-bersin serta tenggorokan terasa gatal.
Pleuritis adalah peradangan pada selaput pembungkus paru-paru. Akibat peradangan ini terdapat cairan yang berlebihan pada selaput paru-paru (pluera) sehingga penderitanya akan merasa nyeri dada ketika bernapas. 
Tuberkulosis (TBC) adalah terbentuknya bintil-bintil di dalam alveolus sehingga mengurangi area alveolus untuk pertukaran gas. TBC disebabkan oleh bakteri tuberculosis. 
Flu, influenza adalah suatu keadaan dimana hidung beringus, tenggorokan meradang, sakit kepala, demam, otot terasa sakit dan lelah. Influenza disebabkan oleh infeksi virus pada saluran pernapasan atas. 
Bronkitis adalah peradangan pada lapisan dinding broncus (cabang tenggorokan) yang disebabkan oleh infeksi virus.Peradangan ini menimbulkan batuk – batuk yang dalam dan menghasilkan dahak abu –abu kekuningan dari paru –paru.
ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas)
Penyebabnya virus dan kuman yang berada di udara lingkungan sekitar.
Flu burung pada manusia
Gejala kritis
Masa inkubasi sekitar 3 hari, sedangkan pada anak biasa 21 hari.Demam lebih dari 38 derajat celcius, nyeri tenggorokan, batuk, pilek, bersin, nyeri otot, sakit kepala, sesak napas, lemas, pernah kontak dengan unggas terutama jika unggas tersebut mati/sakit dalam 7 hari terakhir.

Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pencernaan

Parotitis atau penyakit gondok yaitu penyakit yang disebabkan virus yang menyerang kelenjar ludah di bagian bawah telinga akibatnya kelenjar ludah menjadi bengkak atau menbesar. Jika tidak segera diobati infeksi bisa merusak kelenjar. Kelenjar yang rusak harus dibuang dengan pembedahan. 
Xerostomia adalah penyakit pada rongga mulut yang ditandai dengan rendahnya produksi air ludah. Kondisi mulut yang kering membuat makanan kurang tercerna dengan baik. Jangan terlalu cemas atau mengalami tekanan emosi sebab cemas dan tekanan emosi akan menyebabkan mulut bisa menjadi kering. Selain itu, banyak minum air dan jangan menggunakan obat atropin
Tukak Lambung, terjadi karena adanya luka pada dinding lambung bagian dalam. Cara mengatasinya yaitu makan secara teratur, tidak banyak pikiran dapat mengurangi timbulnya tukak lambung. 
Apendisitis adalah radang apendiks atau usus buntu, dapat merembet sampai ke usus besar dan menyebabkan radang selaput rongga perut. Upaya yang harus dilakukan adalah memeriksakan diri ke dokter dan pilihan utama pengobatan ialah pembedahan untuk membuang usus buntu. 
Diare adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau protozoa pada usus besar. Karena infeksi tersebut proses penyerapan air di usus besar terganggu akibatnya feses menjadi encer. Biasanya diare ringan tidak perlu diobati sebab diare adalah usaha tubuh untuk membebaskan diri dari infeksi. Jika diare disertai muntah, sakit perut, berak darah dan demam maka segera ke dokter dan dokter akan memberi cairan melalui infuse, antibiotika dan obat yang mencegah diare. 
Konstipasi atau sembelit, terjadi akibat penyerapan air di dalam usus besar terjadi secara berlebihan akibatnya feses menjadi sangat padat dan keras sehingga sulit untuk dikeluarkan. Untuk mencegah sembelit dianjurkan untuk buang air besar secara teratur tiap hari, banyak minum, makan makanan yang mengandung serat tambahan (sayur-sayuran dan buah-buahan). 
Hernia, merupakan penyakit akibat robeknya lapisan dalam dinding perut pada daerah pangkal paha, yang menimbulkan pembengkakan atau gumpalan yang berasal dari terlepasnya lingkaran usus sehingga menonjol pada tempat yang robek tersebut. Penyakit ini diatasi melalui tindakan operasi. 
Sakit maag disebabkan adanya sekresi asam lambung yang tidak normal sehingga mengakibatkan rasa perih pada dinding lambung. Gejala sakit maag antara lain: perut terasa mual, mulas, kembung, dan tidak nafsu makan. Sakit maag dipicu oleh kebiasaan makan yang yang tidak teratur, jenis makanan, obat-obatan dan stress/ gangguan psikologis. Cara mencegahnya yaitu dengan mengatur pola makan dengan teratur. 
Sakit gigi gangguan yang sering terjadi akibat tidak merawat giginya dengan baik. Jika tidak menggosok gigi sisa-sisa makanan yang melekat pada gigi merupakan tempat yang baik untuk pertumbuhan bakteri yang dapat merusak gigi. Kerusakan gigi juga dapat disebabkan karena makanan yang terlalu panas, terlalu dingin, terlalu manis atau terlalu masam. 
Sariawan adalah rusaknya sel-sel papila di lidah yang menyebabkan proses perasa terhadap makanan terganggu. Sariawan dapat disebabkan jenis makanan atau infeksi bakteri. 
















Kelainan dan Penyakit pada Sistem Peredaran Darah

Kelainan darah 
Anemia adalah kelainan dimana darah tidak mampu membawa oksigen yang cukup bagi tubuh. Anemia disebabkan oleh kurangnya jumlah sel darah merah dan kurangnya hemoglobin yang membawa oksigen. 
Leukimia 
Leukimia sering disebut juga kanker darah, yaitu sel darah putih membelah tidak terkendali sehingga jumlahnya meningkat pesat dan kemudian memakan sel darah merah. Pada penderita leukemia, jumlah sel darah putih dapat mencapai 200.000 per mm2 darah.
Hemofilia 
Hemofilia adalah penyakit darah sukar membeku. Penderita dapat kehilangan banyak darah hanya karena luka kecil. Penyakit ini bersifat menurun dan tidak dapat disembuhkan. 
Talasemia 
Talasemia adalah penyakit kelainan darah yang menurun yang ditandai dengan adanya sel darah merah yang abnormal. Hal ini disebabkan kegagalan gen dalam memproduksi protein penyusun hemoglobin secara lengkap sehingga hemoglobin tidak sempurna, akibatnya transportasi oksigen keseluruh tubuh terganggu. Penyakit ini dapat diatasi melalui tindakan yang memerlukan biaya mahal, diantaranya dengan transfusi darah secara berkala kurang lebih setiap bulan sekali, dan transplantasi sumsum tulang. Jika talasemia menyebabkan radang limpa maka diperlukan pembedahan untuk pembuangan limpa. 
Polisetemia 
Adalah penyakit yang ditandai dengan terlalu banyaknya sel darah sehingga darah merah menjadi kental, menaikkan viskositas, dan menurunkan kecepatan aliran serta bisa menyumbat kapiler. Produksi sel darah merah yang kental dan abnormal sering dihasilkan dari tumor sumsum tulang. Polisetemia sekunder dihasilkan dari kurangnya pasokan oksigen, seperti di daerah dataran tinggi atau kenaikan produksi eritroprotein. 

Kelainan pada pembuluh darah dan Jantung
Varises 
Varises terjadi pada vena. Pada varises katup vena tidak berfungsi terutama karena tarikan vena dalam vena melebar (berdilatasi) sehingga daun katup vena tidak lagi tumpang tindih atau menghambat aliran balik darah. Akibatnya tekanan vena lebih besar daripada vena normal. Menyebabkan pembengkakan aliran darah didalam vena menjadi terhambat sehingga terjadi penyumbatan darah. Varies bisa diturunkan secara genetic. Pada kehamilan, ada kenaikan tekanan dalam vena yang menyumbat tungkai bawah karena uterus melebar. 
Stroke 
Stroke merupakan kelainan saraf secara tiba-tiba. Stroke sering disebabkan oleh berkurangnya oksigen darah ke otak. Stroke bisa terjadi akibat penyumbatan pembuluh darah, lepasnya penyumbat pembuluh darah besar menuju pembuluh darah yang lebih kecil, pendarahan, dan kebocoran darah dari pembuluh, sehingga jaringan disekitarnya menjadi mati. 
Meningitis 
Meningitis merupakan terinfeksinya pembuluh darah diotak. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bagian muka yang merambat ke pembuluh darah otak. Merawat jerawat dan bisul dibagian muka merupakan usah pencegahan meningitis. 
Tekanan darah tinggi (Hipertensis)
Seseorang disebut menderita tekanan darah tinggi jika tekanan sistol darah lebih tinggi dari pada 150 mm Hg dan tekanan darah diastole lebih tinggi dari 900 ml Hg. Pada Hepertensi, jantung bekerja lebih keras, kerja keras ini disebabkan otot jantung membesar, khususnya bilik kiri dan dapat menyebabkan gagal jantung.  






Disparity - Disease and disparity at System Move
Trouble and disparity of bone.
Fraktura ( broken bone)
Open Fraktura happened if bone back part which broken go out penetrated husk. Fraktura closed if bone broken, tip of bone which broken,do not penetrate or do not go out to husk. Barst healing of bone or broken bone is always used by bandage to be natural bone position broken do not easy to shift.
Osteoporosis 
Osteoporosis because of mineral insuffiency, generally happened at adult and cause at bone become breakable and brittle, To overcome him shall consuming many minerals. 
Arthritis 
Arthritis is disease of joint. One of the form of arthritis is rheumatism. Avoiding infection and consume well-balanced food lessen the happening of arthritis.
Riketsia 
Happened for want of vitamin D. this Disease happened at children causing the foot bone of growing to curve. Effort to lessen this disease is addition of mineral into diet and sun in sun heat.
Too tortous Lordosis 
Backbone forwards, earn because of wrong habit or fatness. 
Too tortous Kifosis 
Backbone rear ( body looked to be bow). Can be caused by TBC or habit sit the wrongness. 
Tortous Skoliosis 
Backbone to left or to right. This condition because of habit sit the wrongness.
Atropi 
Disparity where muscle become to minimize, weak to so that do movement.
Hipertropi  
Condition where natural muscle of abnormal growth.-



Trouble and disparity of muscle.
Muscle
Because of muscle spastic. Muscle sudden very strong relation so that pain. Muscle-Bound can happened cold weather moment or too heavy muscle activity. Cramps can also is water imbalance symptom and ion in body.
Muscle Pain
In bone muscle pain in bone is generally suffered by people have old age. This disease is caused possible isn't it network link of muscle. bloated network depress tip of vein and nerve. As a result, blood stream pursued and arise to feel pain in bone. Muscle pain in bone usually recurrence at cold weather and can overcome squeezed and isn't it x'self.
Polio 
Caused by virus infection at nerve controling frame muscle movement. come down with people is polio can become palsiedly. Polio ailment can be prevented immunized at baby.
Epilepsy 
Is contraksi from some muscle groups which do not co-ordinate. Epilepsy can happened effect of trouble at brain. 
Keseleo 
Happened in joint area. Muscle can break effect of attraction which sudden and strength.











Disease and Trouble At Respiration

Asthma is stricture of bronchi which because of allergy to environmental condition for example dirt, animal hair or cool-air. 
Pneumonia is Chafed of wall of alveolus resulted from by bacterium of Diplococcus pneumoniae. Effect of the Chafed happened degradation of area for the transfer of and oxygen of carbondioksida.
Salesma is an situation where nose stuff up, mucus emit a stream of, sneezes and also red lane felt to itch. 
Pleuritis is Chafed at membrane packer of lung. Effect of this Chafed there are abundant dilution at lung membrane ( pluera) so that the patient of will feel chest pain in bone when respiration. .
Tuberkulosis ( TBC) is formed by nodules him in alveolus so that lessen area of alveolus for the transfer of gas. TBC because of bacterium of tuberculosis. 
Flu, influenza is situation where snotty nose, red lane be angry, headache, fever, muscle felt fatigue and pain. Influenza because of virus infection at bronchi to the.
Bronchitis is Chafed at wall coat of broncus ( gullet branch) which because of infection of virus. Chafed this generate to cough - cough which in and yield dusty phlegm - brass ash of lung.
ISPA ( Infection Of Bronchi ) 
Cause of germ and virus residing in on the air about environment. 
Bird Flu at human 
Critical Symptom
Incubation period about 3 day, while at ordinary child 21 day.Fever more than 38 degree of celcius, red lane pain in bone, cough, head cold, sneezing, muscle pain in bone, headache, asphyxia, weaken, have contacted with poultry especially if poultry of death / sick in last 7 day.




Disparity and Disease at Digestive System

Parotitis or mumps that is viral disease which attack gland spit on ear underside as a result gland spit to become swelling or big. Otherwise is immediately cured by infection can destroy gland. damage gland have to be thrown with surgery.
Xerostomia is disease at mouth cavity marked lowly him produce spit. Condition of dry mouth make less digestible food better. Don't natural or overanxious of emotion pressure because worriing and emotion pressure will cause mouth can become to run dry. Besides, drinking many water and don't use drug of atropin.
Tukak Stomach Happened caused by hurt at inner stomach wall. Way to overcome of that is eating regularly, not many minds can lessen incidence of stomach tukak. 
Appendicitis are chafing intestine infection or appendix, earn to hinder to large intestine and cause to chafe stomach cavity membrane. Effort which must be done is to check x'self to especial choice and doctor of medication is surgery to throw away intestine infection.
Diarrhoea is disease which because of bacterium infection or protozoa at large intestine. Because infection of process absorbtion of water in large intestine annoyed as a result feses become wateryly. Usually light diarrhoea needn't cure by because diarrhoea is the effort body to free from infection. If diarrhoea accompanied by puking, stomachache, defecating fever and blood hence immediately to doctor and doctor will give dilution through infuse, drug and antibiotika preventing diarrhoea.
Konstipasi or constipation, happened effect of absorbtion of water in large intestine happened redundantly as a result feses become very hard and solid so that difficult to be released. To prevent constipation suggested to defecate regularly every day, drinking many, eat food concidering additional fibre ( fruits and vegetable).
Hernia, is disease effect of the tearing of coat in stomach wall at thigh jetty area, generating isn't it or Iump coming from the escaping of uppermost intestine circle so that place which tear. This disease is overcome to through operation action.
Pain of Maag caused by the existence of sour sekresi of stomach which below par so that result felt perih at stomach wall. symptom of maag for example: stomach felt queasy, stomachache, flatulent, and do not Iust to eat. pain of Maag triggered by habit eat not regular, food type, and medicines of stress/ psychological trouble. Way prevent him that is arranged pattern eat consecutively.
Trouble toothache which often happened effect do not take care of the tooth of better. Otherwise brush teeth coherent food pickings at tooth is place which good to growth of bacterium able to destroy tooth. Damage of tooth also can be caused by too food of heat, too cool, too acid or sweet.
Sprue is destroying cells him of papila in tongue causing sensuous process to food annoyed. Sprue can be caused by food type or bacterium infection.


















Disparity and Disease at System Circulation of Blood.
Disparity of blood  

Anemia is disparity where blood unable to bring enough oxygen for body. Anemia because of lack of blood cells amount and lack of haemoglobin bringing oxygen.
Leukimia is often referred as also blood cancer, that is phabocyte split lah do not in control so that the amount of him mount fast and later then eat blood cell. At patient of leukemia, amount of phabocytes can reach 200.000 per blood mm2.
Haemophilia is disease of blood difficult to froze up me. Patient earn losing of many bloods just because small hurt. This disease have the character of irremediable and downhill.
Talasemia is disease of disparity of downhill blood which marked with existence of abnormal blood cell. This matter is caused by failure of gene in producing protein compiler of haemoglobin completely so that imperfect haemoglobin, as a result oxygen transportation of all body annoyed. This disease can overcome to through action costing money costly, among others with periodical blood transfusion more or less each month once, and bone marrow transplantation. If talasemia cause to chafe spleen hence needed surgery for the dismissal of spleen.
Polisetemia Is disease marked with too much corpuscle him so that blood become jelled, boosting up viskositas, and degrade speed of stream and also can cork capillaryly. Cell blood production which jell and abnormal was often yielded from bone marrow tumor. Secunder Polisetemia yielded from lack of oxygen, as in plateau area or increase of production of eritroprotein.







Disparity of heart and vein.
Varises
Varises happened at vena. At spillway varises of vena do not function especially because attraction of vena in wide vena ( berdilatasi) so that spillway leaf of vena overlap shall no longger or pursue blood backwash. As a result pressure of vena bigger than normal vena. Causing isn't it blood stream in vena become to be pursued so that happened gagging of blood. Varies can be degraded by genetic. At pregnancy, there is increase of pressure in vena which corking leg under because wide uterus.
Stroke 
Stroke is disparity of nerve sudden. Stroke often because of the have decreasing of blood oxygen to brain. Stroke can happened effect of embolism, free of big venous stopper him go to smaller vein, haemorrahage, and leakage of blood of small channel, so that network about him become death.
Meningitis
Meningitis is infection of vein of brain. This condition because of infection part of face which creep to vein of brain. Take care of abscess and pimple part of face is to take care prevention of meningitis. High blood pressure ( Hipertensis) Someone referred as to suffer high blood pressure if pressure of sistol higher blood from at 150 Hg mm and blood pressure of diastole higher from 900 Hg ml. At Hepertensi, heart strive harder, activity of hard this is caused by big heart muscle, specially left room and can cause heart failure.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar